Jumat, 26 September 2008

Vitamin D Kurangi Resiko TBC


Baru-baru ini seorang ilmuwan dari Royal Melbourne Hospital, Australia. Katharine Gibney, mempublikasikan hasil penelitiannya.Isinya menyatakan bahwa seseorang yang mengalami kekurangan vitamin D beresiko lebih tinggi mengidap tuberkulosis (TBC, dibanding mereka yang tidak kekurangan.

Katherine bersama beberapa ilmuwan meneliti 375 orang responden, yang terdiri dari warga Afrika Sub Sahara yang sedang berobat dirumah sakit-rumah sakit di Melbourne,Australia sepanjang tahun 2003 hingga 2006. Ternyata, dari penelitian itu, 78% pengidap tuberkulosis mengalami kekurangan vitamin D di dalam tubuh memicu peningkatan infeksi primer bakteri Mycobacterium tuberculosis,penyebab tuberkulosis.


Untuk itu, peneliti menyarankan setiap orang untuk memenuhi kecukupan asupan vitamin D,Apalagi muncul kekhawatiran baru kembali merebaknya wabah TBC di berbagai belahan penjuru dunia. Asupan vitamin D bisa diperoleh dari telur, hati,ikan,susu dan margarin (yang diperkaya dengan vitamin D) dan suplemen vitamin D yang dijual bebas.

1 komentar:

  1. setuju, dulu saya prnah kena TBC, terus pas berobat ke dokter d suruh bnyak2 mkn telur n minum susu kalau udah sembuh supaya penyakit TBCny gk dteng lagi..

    BalasHapus